Selasa, Juli 22, 2008

Penghasilan banyak, kerja menyenangkan...

Sebagian besar orang bekerja adalah untuk mencari penghasilan yang layak, namun ada sebagian kecil, tidak hanya untuk mencari penghasilan semata namun lebih dari itu ingin mengaktualisasikan kepribadian diri dalam hubungan pekerjaannya.

Dilihat gaji yang diterimanya dan juga kesenangan dalam kerja, ada beberapa type karyawan yang sering kita lihat :

1. Penghasilan banyak, kerja menyenangkan.
Hal yang paling diidamkan oleh karyawan adalah type pekerjaan seperti ini, dimana dalam bekerja hal yang menyenangkan, mengaktualisasikan diri dalam setiap pekerjaannya dan dia juga mendapatkan gaji yang tinggi. Atmosfer kerja seperti ini akan membuat karyawan betah dan berlama- lama dalam bergabung dengan perusahaan tersebut. Biasanya kerja seperti ini membuat karyawan kerja selalu more than target, melebihi dari harapan Boss.Hal yang sulit diterima akal apabila karyawan resign dalam posisi seperti ini,kecuali ada posisi tawaran yang jauh lebih tinggi dan kerja yang mungkin jauh lebih menyenangkan.
2. Penghasilan Banyak, kerja tidak menyenangkan.
Idealnya, kerja semacam ini harus diadaptasi sehingga akan menjadikan pekerjaan yang menyenangkan. Namun apabila tidak bisa beradaptasi, maka besar kemungkinan seorang karyawan akan resign.Type karyawan seperti ini biasanya kerja within the target, jarang sekali more than target. Sesekali dia bisa more than target, tapi ini tergantung dari semangat dia saat itu, tapi kalo dia pas lagi gak bersemangat, dia akan within the target ato bahkan less than target. Untuk mendapatkan kerja yanglebih menyenangkan dengan gaji yang lebih banyak, tentunya menjadi harapannya, namun seiring berjalannya waktu, didapatkan tidak banyak perusahaan yang menawarkan gaji yang lebih tinggi dengan kondisi yang lebih menyenangkan, akhirnya dia akan enjoy dalam setiap pekerjaannya, berusaha mencintai dan membuat sesuatu pekerjaannya hal yang menyenangkan.
3. Penghasilan sedikit, kerja menyenangkan
Biasanya untuk type karyawan seperti ini akan mencari alternatip untuk tambahan penghasilan sambil sesekali mencari pekerjaan yang lain, syukur – syukur biasa mendapatkan hasil yang banyak. Sebetulnya kemauan dia akan keluar kerja ada,namun mengingat pekerjaannnya sekarang ini menyenangkan, kemauan dia untuk keluar kerja bisa dieliminirkan.
4. Penghasilan sedikit, kerja tidak menyenangkan
Jenis pekerjaan seperti ini adalah jenis pekerjaan yang mempunyai turn over yang tinggi, sehari masuk sehari keluar, biasanya ini yang paling dihindari oleh karyawan, gaji sedikit, kerja tidak menyenangkan. Biasanya karyawan hanya menjadikan pekerjaan seperti ini sebagai batu loncatan untuk mendapatkan jenjang yang lebih tinggi atau hanya mendapatkan status karyawan dari satu institusi bisnis.

Permasalahannya sekarang adalah, berapa sih gaji yang besar dan gimana sih pekerjaan yang menyenangkan ?? Tentunya setiap orang akan berbeda jawabannya dan bisa berubah setiap waktu, contoh ketika sesorang diterima bekerja di perusahaan dengan gaji yang besar, mungkin pertama kali dia bekerja dia merasa sebagai karyawan type nomer 2 , dan setelah beradaptasi dia akan menjadi karyawan type nomer 1, namun dengan seriring berjalannya waktu dia akan merasakan sebagai karyawan type nomer 3 dan begitulah seterusnya, inilah linkaran yang diciptakan dari rasa ketidakpuasan dalam setiap diri manusia.

Jadi menurut saya, penghasilan dan jenis pekerjaan adalah hal yang nisbi, tidak mutlak. Oleh karenanya hal terbaik bagi kita untuk memutuskan lingkaran diatas adalah bersyukur dalam setiap keadaan dan posisi, apapun, hanya dengan bersyukur kepada Tuhan, kita akan merasakan bahwa semua hal untuk kita adalah hal yang terbaik menurut pandangan-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamu Elang, bukan ayam

*Kamu Elang, bukan ayam* Dahulu kala, entah gimana cerita awalnya, ada sebutir telor elang yg di erami oleh induk ayam. setelah meneta...